Rumah Sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan mengemban misi untuk mencapai tujuan pembangunan. Rumah Sakit dapat memberikan pelayanan yang baik dengan berusaha meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan dan di tunjang oleh kelengkapan sarana dan prasarana secara mandiri.
RSU Handayani merupakan salah satu Rumah Sakit swasta yang didirikan sejak tanggal 17 September 2003, yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta No.94 Kelurahan Tanjung Harapan Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara.
Diawali dengan keterbatasan jumlah tempat tidur dan sarana prasarana pelayanan kesehatan, RSU Handayani terus berbenah dan berinovasi dalam melakukan pengembangan guna memenuhi standar pelayanan kesehatan yang bermutu. Dalam proses transformasinya, RSU Handayani terus melakukan pembangunan dan pengembangan secara bertahap pada beberapa unit pelayanan dan perkantoran.
Proses pembangunan secara bertahap ini telah tertuang dalam master plan pembangunan RSU Handayani tahun 2016, dan pada tahun 2017 tahapan pembangunan sudah mulai dilaksanakan, dimulai dari pembangunan pelayanan rawat inap, Instalasi Care Unit, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Kamar Operasi, Penunjang Pelayanan Medis, Instalasi Rawat Jalan dan Perkantoran RSU Handayani.
Pada tahun 2012, RSU Handayani telah mendapatkan sertifikat LULUS akreditasi 5 Pelayanan Dasar, Nomor: KARS-SERT/634/VI/2012 yang dimana RSU Handayani adalah Rumah Sakit yang lulus akreditasi pertama di Kabupaten Lampung Utara, kemudian melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.03.05/I/2697/12 RSU Handayani telah naik tipe kelasnya menjadi Rumah Sakit Umum Kelas C.
B. TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Rumah Sakit Handayani merupakan rumah sakit umum dengan kapasitas 156 tempat tidur.Rumah Sakit Umum Handayani mempunyai fungsi memberikan pelayanan kesehatan paripurna dengan motto kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan kami.
Dalam pengembangan fungsi tersebut di atas, Rumah Sakit Umum Handayani mempunyai tugas pokok berupa:
1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu tinggi berupa:
a. Pelayanan Medis
b. Pelayanan Penunjang Medis
c. Pelayanan Keperawatan
d. Pelayanan Rujukan
e. Pengelolaan Administrasi Umum dan Keuangan
f. Pelaksanaan Pemeliharaan dan Pengembangan Sarana Rumah Sakit.
2. Senantiasa meningkatkan kompetensi sumber daya manusia agar selalu
memberikan pelayanan secara profesional,etis dan bermartabat.
3. Menyediakan wahana bagi Pengembangan dan Pelatihan SDM tenaga kesehatan.